Selasa, 19 November 2013

ETIKA MENULIS DI INTERNET



ETIKA MENULIS DI INTERNET
            Dulu kebanyakan orang menggunakan media cetak maupun media elektronik untuk berbagi informasi dan maupun mencari informasi. Namun di era globalisasi seperti sekarang ini, kita tidak lagi mencari informasi maupun berbagi informasi hanya melalui media cetak saja, namun sekarang terdapat media internet  seperti blog, website, dan lainnya yang dapat kita jelajahi kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun.Sama halnya dengan menulis pada media cetak, menulis di internet juga mempunyai etika yang harus di pahami dan di lakukan.
Agar tulisan-tulisan yang kita tulis mudah dipaham & tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.Selain itu, Sering sekali kita menemukan tulisan-tulisan yang tidak sopan sehingga merugikan orang lain. Selain merugikan orang lain, tulisan-tulisan yang tidak sopan dapat membuat penulis dapat dihukum pidana. Undang undang yang mengatur tentang penulisan di internet diatur dalam UU ITE, UU Pers dan KUHP yang apabila terbukti melanggar hukum kita dapat dijerat. Berikut Ini saya mengutip beberapa etika menulis di internet dari blog yang saya baca mengenai.
  1. Tidak mengandung SARA dan hal-hal pornografi
  2. Tidak merugikan banyak orang
  3. Sopan dalam penulisannya
  4. Tidak membajak karya orang lain tanpa ijin.
  5. Bahasa yang digunakan harus sesuai etika penulisan.
  6. Cantumkan sumber yang kita baca.
  7. Menggunakan EYD yang benar
Kita memang mempunyai kebebasan dalam menyalurkan pendapat, akan tetapi kita juga harus ingat bahwa kebebasan itu juga ada batasnya, selama apa yang kita tulis dan kita publikasikan itu tidak merugikan orang lain dan bermanfaat . Beberapa poin diatas minimal harus kita terapkan, karena jika kita tidak memperhatikannya , mungkin saja tulisan yang kita buat dapat merugikan ataupun membuat perpecahan kepada orang lain. Selain itu juga dapat merugikan diri kita sendiri





Tidak ada komentar:

Posting Komentar